Pengetahuan Dasar Diagram Interaksi (sequnce diagram dan kolaborasi)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari  pengetahuan dasar uml

Diagram interaksi digunakan untuk memodelkan interaksi objek di dalam sebuah use case (proses). Diagram interaksi memperlihatkan interaksi yang memuat himpunan dari objek dan relasi yang terjadi antar objek tersebut, termasuk juga bagaimana message (pesan) mengalir diantar objek. Diagram interaksi terdiri dari dua buah diagram, yaitu diagram sekuen (sequence diagram) dan diagram kolaborasi (collaboration diagram).

Diagram sekuen menggambarkan urutan even dan waktu dari suatu pesan yang terjadi antar objek dalam sebuah use case, sedangkan diagram kolaborasi menggambarkan bagaimana objek terkoneksi secara statik (tetap) dengan penekanan pada organisasi struktural objek-objek yang mengirim dan menerima pesan.

1, Diagram sekuen.

Diagram sekuen menggambarkan  hubungan antara  objek pada use case dengan mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang dikirimkan dan diterima antar objek. Oleh karena itu untuk menggambar diagram sekuen maka harus diketahui objek-objek yang terlibat dalam sebuah use case beserta metode-metode yang dimiliki kelas yang diinstansiasi menjadi objek itu.

Diagram sekuen  dapat berupa sebuah  diagram sekuen  yg bersifat umum  yang menunjukkan semua skenario yang mungkin untuk semua use case, atau  terpisah pisah untuk tiap skenario tungal  di dlm  use case.

Diagram sekuen yang digunakan  pada  analisis dan tahap desain, namun  pada tahap desain , diagram sekuen sangat implementasi spesifik sering kali  objek database  atau GUI sering termasuk sebagai  komponen  kelas tertentu.

Simbol-simbol yang digunakan pada diagram sekuen:

symbol_sequence_diagram

Contoh diagram sekuen  untuk sebuah skenario  login ke sebuah system

login_sekuen

pada diagram diatas Objek user , account dan object database berinteraksi (mengirimkan pesan lewat methode) secara berurutan (sekuen) berdasar  urutan waktu. penjelasan secara berurutan dari diagram contoh diatas sbb:

methode Login()  ada   di objek  Account

methode searcUserlogin ada di objek Database

methode check()  ada di objeck Account .

jadi urutannya  (sequence) login ke system  begini:

1. objek user memanggil methode Login() yg ada di objek Account

2. objek Account memanggil methode   searcUserlogin() yg ada di objek Database. methode ini mengembalikan nilai ( berupa hasil pencarian user) ke objek account.

3.  objek Account mengecek  user hasil pencarian apakah  user tsb valid atau tdk.

4. objek account mengirim hasil  pengecekan tsb ( sebagai return dari methode Login() ).

Contoh kedua :

diagram sekuen  pembelian buku pada toko buku online implementasi dari use case “pembelian buku”

bukuonline

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis.

Posted on 25/12/2012, in Daftar isi, Menengah-3. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. bluediefrog

    Lanjutanya kk , cemumut2

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: