Pengetahuan Dasar dan Contoh Diagram Aktivitas

Artikel ini lanjutan dari  : Pengetahuan Dasar UML 

Model   fungsional  sebuah system menggambarkan  proses bisnis dan interaksi dari sebuah sistim informasi dengan lingkungannya. Di dalam pengembangan  sistim berorientasi object  ada dua tipe model yg digunakan untuk meggambarkan  fungsi sistim informasi yaitu diagram aktifitas  dan  diagram use case.

Diagram aktivitas digunakan untuk menggambarkan proses bisnis (alur kerja) suatu sistem informasi.
Sebuah Diagram aktivitas menunjukkan suatu alur kegiatan secara berurutan. Diagram aktivitas digunakan untuk mendiskripsikan kegiatan-kegiatan dalam sebuah operasi meskipun juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan alur kegiatan yang lainnya seperti use case atau suatu interaksi.

Semua projek  pengembangan berorientasi object  saat ini  menerapkan   diagram aktifitas  dan diagram use cases  untuk mendokumentasikan dan mengorganisaikan kebutuhan  selama phase  analysis sebuah systim.

Berikut adalah simbol-simbol yang ada pada diagram aktivitas:

simbol_diagram_aktifitas

Diagram aktivitas mendeskripsikan aliran kerja dari perilaku sistem. Diagram ini hampir sama dengan diagram status karena kegiatan-kegiatannya merupakan status suatu pekerjaan dengan menunjukkan kegiatan yang dilakukan secara berurutan. Sebaiknya diagram aktivitas digunakan untuk melengkapi diagram lain seperti diagram interaksi dan diagram status, karena diagram aktivitas dapat mengetahui aliran sistem yang akan dirancang. Selain itu diagram aktivitas bermanfaat untuk menganalisis use case melalui penggambaran aksi-aksi yang dibutuhkan, penggambaran algoritma berurutan yang kompleks, dan pemodelan aplikasi dengan proses paralel. Tetapi diagram aktivitas tidak menunjukkan bagaimana objek berperilaku atau objek berkolaborari secara detil.

contoh diagram aktivitas login sebuah sistem:

aktifitas login

Sumber :

– system and analisys design with UML. Denis

– Analisa perancangan sistim informasi. Poltek telkom

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 12/09/2012, in Daftar isi, Lanjut-1. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. mirip. diagram aktifitas adalah nama di UML.

  2. perbedaan akivitas diagram sma flowchart apaan ?

    mhon pncerahannya gan

  3. Diagram aktivitas bisa digunakan untuk menjelaskan kegiatan2 yg ada di use case. Diagram sekuen menggambarkan urutan even dan waktu dari suatu pesan yang terjadi antar objek.

  4. bluediefrog

    Jadi sebaiknya gimana ya ,untuk menganalisa use case ,apakah sebaiknya di cantumkan sequence diagram sama ativity diagram ? Atau aktivitynya menganalisa sequence diagram ya ?

Komentar ,Saran atau Pertanyaan