Pengetahuan Dasar Pemrograman Berorentasi Objek / PBO (object oriented programming ,OOP)
Tujuan : Memberikan gambaran tentang apa itu Pemrograman berorientasi objek untuk pemula
Pemrograman berorentasi Objek (PBO) atau object oriented programming (OOP) ..ups..apalagi nih..?
Tenang… tenang.. bagi yang sudah dengar tapi belum tau atau yang belum dengar dan belum tau saya kasih tau rahasia nya, dengarkan sugesti saya… bahwa yang namanya OOP itu mudah dimengerti dan sebenarnya konsep dasarnya sudah ada di alam nyata . Jadi OOP ini cara bikin program yg meniru sebagian kecil apa yg terjadi di alam alias OOP itu emang sebagian kecil dari ilmuNya.
Btw Untuk apa sih kita mengetahui OOP ? ya terpaksa deh kita harus tau karena bahasa pemrograman java, phyton,android, C# , C++ ,PHP atau VB.net yang akan kita pakai saklek menerapkan konsep OOP dalam dirinya. Bahkan Arduino juga menerapkan OOP terutama pada pembuatan Library nya.
Konsep dasar objek ini meniru dunia nyata yaitu segala sesuatu dipandang (berorientasi) sebagai benda ( objek) , yang bisa melakukan sesuatu (dlm dunia pemrograman berbentuk Fungsi ) dan mempunyai sifat tertentu (dlm dunia pemrograman sbg data/variable ) . Dalam PBO data di sebut juga properties dan fungsi disebut sebagai method.
Contoh konkrit objek di alam nyata
contoh pertama : objek kucing persia
objek kucing itu bisa melakukan : berjalan maju , melompat, berlari , tidur , makan dll
objek kucing memiliki sifat : kulit belang , ekor pendek , kuku tajam dll.
semua contoh itu adalah objek di alam nyata lalu bagaimana hubungannya dengan program OOP? di dalam OOP objek adalah sebuah benda apa saja yang dapat anda nyatakan dalam program.
Objek Dan Class
Objek dibuat dari sebuah Class , jadi semua code program (data/properties dan fungsi/method) objek ada di class. Dengan kata lain class adalah blue print (cetakan) dari objek.
format / template sebuah Class :
Class nama_class
{
properties
methode()
{
}
}
hubungan Class dan Objek bisa digambarkan sbb:
contoh Class kucing :
Class Kucing
{
string warna_bulu;
int panjang_ekor ; // centi
int x ; // jarak tempuh
int kecepatan_langkah = 3 ; //cm/detik
berjalan_maju()
{
x = x+kecepatan_langkah;
}
,
berlari()
{
x = x *( kecepatan_langkah *10);
},
}
Pada program yang digunakan adalah objeknya bukan Class , untuk itu kita harus membuat (instance) objek dari kelas
cara membuat objek dari kelas :
(Setiap bahasa pemrograman punya syntax tersendiri untuk membuat class dan objek)
nama_class nama_objek = new nama_class;
contoh contoh objek dari Class kucing:
kucing_persia, kucingku, kucing_jantan, kucing1,kucing2 dst..
cara membuat objek tsb diatas di dalam program
kucing kucing_persia = new kucing;
kucing kucingku = new kucing;
Ilustrasi pembuatan objek dari sebuah Class perumpamaan pembuatan kue dari cetakan kue
untuk membuat objek kue1 , kue2 , kue3 dari class kue :
kue1 = new kue
kue2 = new kue
kue3 = new kue
untuk membuat object COM1 dari class SerialPort
COM1 = new SerialPort;
artinya kita membuat objek COM1 dari Class SerialPort.
Penggunaan objek dalam program
penggunaan objek dlm program maksudnya bagaimana kita mengakses /memakai properties dan method dari objek tsb.
- Memakai/mengakses properties dari objek : nama_objek.nama_properties
- Memakai/mengakses method dari objek: nama_objek.nama_methode();
Contoh penggunaan objek di dalam pemrograman :
objek COM1 (serial port)
method COM1 antara lain mengirim data,menerima data, dll
properties COM1 antara lain, speed , parity,portname,stopbit,startbit dll
contoh kongkrit methode dari objek COM1 dlm pemrograman C# :
COM1.ReadByte() ; // menerima data
COM1.WriteByte() ; // mengirim data
contoh properties objek COM1 adalah
COM1.BaudRate =”9600″;
COM1.NewLine=”\n\r” ;
Untuk objek COM1 diatas adalah instance dari class SerialPort. Class SerialPort sudah disediakan oleh C#.
Contoh lain Object kue seperti tampak pada gambar dibawah ini
setelah dibuat maka object COM1 bisa digunakan didalam program kita.
Cara yang lain yang lebih mudah untuk membuat objek menggunakan componen serialport pada IDE visual studio C# sbb:
Pada gambar di atas kita melihat object serialport1 telah dibuatkan otomatis dgn men drag and drop komponen(class) SerialPort.
jika ingin melihat atau kita ingin merubah nilai property dari object serialport1 klik kanan serialport1 ->klik properties
Contoh Program Sederhana C# yg menggunakan konsep OOP:
using System.IO.Ports
class Kirim_data_RS232 { static void Main() { ojek_COM1 = new SerialPort();//membuat objek dr Class SerialPort ojek_COM1.BaudRate="9600"; // mengisi property ojek_COM1.Parity = Parity.none; //mengisi property ojek_COM1.Open(); //methode membuka Serial komunikasi ojek.WriteLine=("test data dikirim"); //methode mengirim data } }
Pada contoh diatas Class SerialPort sudah ada di dlm namespace System.IO.Ports jadi kita bisa langsung membuat objeknya saja yg kita beri nama “ojek_COM1”
karakteristik pemrograman berorientasi objek
Sebagai berikut fitur yang paling penting :
-Encapsulation. Kemampuan untuk menyembunyikan data dan instruksi dalam sebuah objek.
-Inheritance. Kemampuan untuk membuat satu objek dari objek yang lain.
-Polymorphism. Desain kelas baru ini didasarkan pada satu kelas.
-Message Passing. Ini adalah cara objek berkomunikasi satu sama lain.
-Garbage Collection. Manajemen memori otomatis, menghapus objek di memori objek yang tidak lagi digunakan oleh program.
Keuntungan
Sebagai berikut beberapa manfaat menggunakan pemrograman berorientasi objek:
RE-Usability. Anda dapat menulis sebuah program menggunakan kode yg sudah dibuat sebelumnya.
Kode Sharing. Anda dapat menstandarisasikan cara pembuatan pemrograman.
Rapid Modeling. Anda dapat membuat prototipe kelas dan interaksinya melalui sebuah diagram.
Kerugian
Sebagai berikut kelemahan menggunakan pemrograman berorientasi objek:
Ukuran. Lebih besar dari program lain, mengkonsumsi lebih banyak memori dan ruang disk.
setelah membaca artikel ini apakah anda sudah mengerti apa itu Class dan object?
tolong dijawab yah….
referensi:
Posted on 08/07/2011, in Dasar Pemrograman. Bookmark the permalink. 13 Comments.
ok sip.
masih aktif. maaf tdk sy ada akun line.
Halo gan
Oiya btw apa blog ini masih aktif sampek sekarang?
Kalo masalah ngerti sedikit soalnya baru belajar. Ini saya lagi usaha belajar pemrograman Scrip C#,C++ untuk game saya nanti. Sebelumnya saya ucapkan terimakasi.
Kalo boleh saya mintak tolong,tolong bantu saya ini line saya: kadek_budi_artayasa
Tolong di undang ya gan saya tunggu.
Makasi sebelumnya
terima kasih, akhirnya saya faham tentang class dan object, siap loncat ke android studio :)
setuju sama komen2 di atas! saya emang belum terlalu mengerti ttg OOP, tapi penjelasan mas yang friendly dan memakai banyak permisalan membuat saya terkagum!
sukses terus dan terus hasilkan karya2 berikutnya!
iya mas, bener apa kata atas saya,, secara realita saya paham,
terimakasih untuk tutorial yg begitu bagus mas.!!
saya sedang belajar C#
apakah ada Email yg bisa dihubungi?
Baru ini saya temukan ada tulisan yang demikian subjektif membahas OOP. Anda rajin sekali, bahkan sampai rela membuatkan permisalan yang demikian banyak. Bahkan Anda memodelkan pemrograman dengan yang berlari(){} itu. Unik sekali.
Terima kasih, Mas. Mungkin saya tidak langsung memahami. Namun apa yang Anda usahakan ini, justru yang saya cari-cari. Karena pemula biasanya hanya paham dengan realita.
Pingback: C# – Fadilarizka.me
Pingback: Struktur Dasar C# Full Untuk Pemula – Docuver
Pingback: Modul Konsep Dasar Pemrograman | Terbaru 2015
Pingback: Modul Dasar Pemrograman C++ | Terbaru 2015
Pingback: Modul Pemrograman Berorientasi Objek Pdf | Terbaru 2015
Pingback: Modul Pemrograman Java Untuk Pemula | Terbaru 2015