Pengetahuan Dasar Pemrograman Berorentasi Objek / PBO (object oriented programming ,OOP)

Tujuan :  Memberikan gambaran tentang  apa itu  Pemrograman berorientasi objek untuk pemula

Pemrograman berorentasi Objek  (PBO)  atau object oriented programming (OOP) ..ups..apalagi nih..?

Tenang… tenang..  bagi yang sudah dengar tapi belum tau atau yang belum dengar dan belum tau  saya kasih tau rahasia nya, dengarkan sugesti saya… bahwa yang namanya OOP itu mudah dimengerti dan sebenarnya konsep dasarnya  sudah ada di alam nyata .  Jadi OOP ini cara bikin program yg meniru sebagian kecil apa yg terjadi  di alam alias OOP itu emang sebagian kecil dari ilmuNya.

Btw Untuk apa sih  kita mengetahui OOP ?  ya terpaksa deh kita harus tau karena bahasa pemrograman java, phyton,android, C# , C++ ,PHP  atau VB.net yang akan kita pakai saklek menerapkan konsep OOP dalam dirinya. Bahkan Arduino juga menerapkan OOP terutama pada pembuatan Library nya.

Konsep dasar objek  ini meniru dunia nyata  yaitu   segala sesuatu dipandang (berorientasi)  sebagai benda ( objek) , yang bisa melakukan sesuatu (dlm dunia pemrograman berbentuk Fungsi   ) dan mempunyai sifat tertentu (dlm dunia pemrograman sbg data/variable ) .  Dalam PBO  data di sebut juga properties dan fungsi disebut sebagai method.

Contoh konkrit objek di alam nyata

contoh pertama : objek kucing persia

objek kucing persia

objek kucing itu bisa melakukan : berjalan maju , melompat, berlari , tidur , makan dll

objek kucing memiliki sifat : kulit belang , ekor pendek ,  kuku tajam dll.

semua contoh  itu adalah objek di alam nyata  lalu bagaimana hubungannya dengan program OOP?  di dalam OOP  objek adalah sebuah benda  apa saja  yang dapat anda nyatakan dalam program.

 

Objek Dan Class

Objek dibuat   dari  sebuah Class , jadi semua code program (data/properties  dan fungsi/method) objek ada di class.   Dengan kata lain class adalah blue print (cetakan) dari objek.

format / template sebuah Class :

Class nama_class

{

properties

methode()
{

}

}  

hubungan Class dan Objek bisa digambarkan sbb:

contoh gambaran hubungan Class dan Objek dlm dunia kehidupan sehari2

contoh  Class kucing :

Class Kucing

{

string warna_bulu;

int  panjang_ekor ;   // centi

int x ;    // jarak tempuh

int  kecepatan_langkah = 3  ;   //cm/detik

 

berjalan_maju()

{

x = x+kecepatan_langkah;

}

,

berlari()

{

x = x *( kecepatan_langkah *10);

},

}

Pada program yang digunakan adalah objeknya bukan Class ,  untuk itu kita harus membuat (instance)  objek dari kelas

cara membuat objek dari kelas  :

(Setiap bahasa pemrograman punya syntax tersendiri untuk membuat class dan objek)

nama_class   nama_objek = new nama_class;

contoh contoh objek dari Class kucing:

kucing_persia, kucingku, kucing_jantan, kucing1,kucing2 dst..

cara membuat objek tsb diatas di dalam program

kucing   kucing_persia = new kucing;

kucing  kucingku = new kucing;

Ilustrasi pembuatan objek dari sebuah Class  perumpamaan pembuatan kue dari cetakan kue

Ilustrasi Class dan object

untuk membuat objek kue1 , kue2 , kue3  dari class kue :

kue1 = new kue

kue2 = new kue

kue3 = new kue

untuk membuat object COM1 dari class SerialPort

COM1 = new SerialPort;

artinya kita membuat objek COM1 dari Class SerialPort.

Penggunaan objek dalam program

penggunaan objek dlm program maksudnya bagaimana kita mengakses /memakai properties dan method dari objek tsb.

  • Memakai/mengakses  properties dari objek :  nama_objek.nama_properties  
       contoh :   kucing_persia.warna_bulu = “putih”;
  • Memakai/mengakses  method dari objek:    nama_objek.nama_methode();
        contoh    kucing_persia.berlari() 

Contoh penggunaan objek di dalam pemrograman :

objek   COM1    (serial port)

method  COM1  antara lain mengirim data,menerima data, dll

properties COM1  antara lain, speed , parity,portname,stopbit,startbit  dll

contoh kongkrit  methode  dari  objek  COM1 dlm pemrograman C# :

COM1.ReadByte() ;    // menerima  data

COM1.WriteByte() ;    // mengirim data

contoh  properties  objek COM1 adalah

COM1.BaudRate =”9600″;

COM1.NewLine=”\n\r”  ;

Untuk objek COM1 diatas adalah  instance   dari class SerialPort.  Class SerialPort sudah disediakan oleh C#.

Contoh lain Object kue seperti tampak pada gambar dibawah ini

setelah dibuat maka object  COM1 bisa digunakan didalam program kita.

Cara yang lain yang lebih mudah untuk membuat objek  menggunakan componen serialport pada IDE visual studio C#  sbb:

membuat objek serialport dgn componen

Pada  gambar di atas kita melihat object serialport1 telah dibuatkan otomatis dgn men drag and drop komponen(class)  SerialPort.

jika ingin melihat atau kita ingin  merubah nilai property  dari  object serialport1  klik kanan serialport1 ->klik properties

Contoh Program Sederhana C# yg menggunakan  konsep OOP:

using System.IO.Ports

class Kirim_data_RS232
   {
static void Main()
         {
     ojek_COM1 = new SerialPort();//membuat objek dr Class SerialPort
      ojek_COM1.BaudRate="9600";      // mengisi property
      ojek_COM1.Parity = Parity.none;  //mengisi property
      ojek_COM1.Open();           //methode membuka Serial komunikasi
      ojek.WriteLine=("test data dikirim");   //methode mengirim data
        } 
    }

Pada contoh diatas Class SerialPort sudah ada di dlm namespace System.IO.Ports jadi kita bisa langsung membuat objeknya saja yg kita beri nama “ojek_COM1”

 

karakteristik pemrograman berorientasi objek
Sebagai berikut fitur yang paling penting :

-Encapsulation. Kemampuan untuk menyembunyikan data dan instruksi dalam sebuah objek.
-Inheritance. Kemampuan untuk membuat satu objek dari objek yang lain.
-Polymorphism. Desain kelas baru ini didasarkan pada satu kelas.
-Message Passing. Ini adalah cara objek berkomunikasi satu sama lain.
-Garbage Collection. Manajemen memori otomatis, menghapus objek di memori objek yang tidak lagi digunakan oleh program.

Keuntungan
Sebagai berikut beberapa manfaat menggunakan pemrograman berorientasi objek:

RE-Usability. Anda dapat menulis sebuah program menggunakan kode yg sudah dibuat sebelumnya.
Kode Sharing. Anda dapat menstandarisasikan cara pembuatan pemrograman.
Rapid Modeling. Anda dapat membuat prototipe kelas dan interaksinya melalui sebuah diagram.

Kerugian
Sebagai berikut kelemahan menggunakan pemrograman berorientasi objek:
Ukuran. Lebih besar dari program lain, mengkonsumsi lebih banyak memori dan ruang disk.

setelah membaca artikel ini apakah anda sudah mengerti apa itu Class dan object?
tolong dijawab yah….
referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Object-oriented_programming

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 08/07/2011, in Dasar Pemrograman. Bookmark the permalink. 13 Comments.

  1. masih aktif. maaf tdk sy ada akun line.

  2. Kadek budi artayasa

    Halo gan
    Oiya btw apa blog ini masih aktif sampek sekarang?
    Kalo masalah ngerti sedikit soalnya baru belajar. Ini saya lagi usaha belajar pemrograman Scrip C#,C++ untuk game saya nanti. Sebelumnya saya ucapkan terimakasi.
    Kalo boleh saya mintak tolong,tolong bantu saya ini line saya: kadek_budi_artayasa
    Tolong di undang ya gan saya tunggu.
    Makasi sebelumnya

  3. terima kasih, akhirnya saya faham tentang class dan object, siap loncat ke android studio :)

  4. setuju sama komen2 di atas! saya emang belum terlalu mengerti ttg OOP, tapi penjelasan mas yang friendly dan memakai banyak permisalan membuat saya terkagum!

    sukses terus dan terus hasilkan karya2 berikutnya!

  5. iya mas, bener apa kata atas saya,, secara realita saya paham,
    terimakasih untuk tutorial yg begitu bagus mas.!!
    saya sedang belajar C#
    apakah ada Email yg bisa dihubungi?

  6. Baru ini saya temukan ada tulisan yang demikian subjektif membahas OOP. Anda rajin sekali, bahkan sampai rela membuatkan permisalan yang demikian banyak. Bahkan Anda memodelkan pemrograman dengan yang berlari(){} itu. Unik sekali.

    Terima kasih, Mas. Mungkin saya tidak langsung memahami. Namun apa yang Anda usahakan ini, justru yang saya cari-cari. Karena pemula biasanya hanya paham dengan realita.

  1. Pingback: C# – Fadilarizka.me

  2. Pingback: Struktur Dasar C# Full Untuk Pemula – Docuver

  3. Pingback: Modul Konsep Dasar Pemrograman | Terbaru 2015

  4. Pingback: Modul Dasar Pemrograman C++ | Terbaru 2015

  5. Pingback: Modul Pemrograman Berorientasi Objek Pdf | Terbaru 2015

  6. Pingback: Modul Pemrograman Java Untuk Pemula | Terbaru 2015

Komentar ,Saran atau Pertanyaan