Pengetahuan Dasar Pemrograman C untuk modul Arduino

Pendahuluan

ARDUINO_MODUL

Arduino adalah sebuah modul microcontroller   dgn  port input dan output   yg diprogram menggunakan bahasa  C Arduino  ( apakah dgn bahasa C yg lain juga bisa?  ya bisa tapi tdk dibahas disini).  skematiknya disini  dan rangkain schematik dgn eagle disini.

Modul arduino terdiri dari beberapa type yg membedakan hanya fitur fiturnya saja sedangkan dari segi pemrograman sama saja. beberapa type tsb antara lain : Arduino Uno, Arduino Leonardo, Arduino Due  dll.

Kelebihan Modul Arduino antara lain :

1. Mudah digunakan , cocok sekali untuk pemula.

2. Fungsi Library ( code program tinggal pakai) untuk mengakses hardware sangat banyak.  Hardware hardware tsb antara lain bluetooth,  berbagai macam sensor, GSM board, GPS , dll.

Software yg dibutuhkan 

1.  Compiler / IDE Arduino :  http://arduino.cc/en/Main/Software  (wajib)

2.  Menggambar  board Aplikasi http://fritzing.org/download/  (option)

3.  Simulasi  menggunakan proteus    (option)

Compiler / IDE arduino   digunakan untuk mengkompile bahasa C arduino dan  juga  untuk mengupload  program hasil kompile tsb  (hex file) ke  modul Arduino.

Untuk instalasi aplikasi Arduino cukup dgn  extraxt file hasil downlod tsb. Untuk membuka aplikasi klik file arduino.exe , untuk lebih praktis  buatlah  shortcut file arduino.exe di desktop PC anda.

ARDUINO

Gambar  Koneksi modul Arduino dgn aplikasi Arduino di PC atau Laptop

Tahapan  Penggunaan Modul Arduino pertama kali

1. Download Aplikasi Arduino  lalu extrak

2. Hubungkan modul Arduino  ke PC dgn kabel USB.

install driver  modul arduino sama spt ketika anda menginstall peralatan dg port USB yg dihubungkan ke port USB PC/laptop, caranya spt  ini http://arduino.cc/en/Guide/UnoDriversWindowsXP

3.   Buka software  aplikasi Arduino  .

Untuk membuka aplikasi  arduino  klik file arduino.exe pada folder hasl extraxt.

4. Pilih type modul  (sesuaikan dgn modul yg kita beli misal : arduino uno) dgn mengklik  Tool->board.

5.  Buka  kode  program C  salah satu  sample ,  lalu compile dng cara klik Sketch->Compile.

6.  Upload program ke modul Arduino.

arduino_ide

Gambar Software Aplikasi Arduino

Struktur Dasar  C Arduino

arduinosketch

Program C Arduino  minimal terdiri dari dua fungsi yaitu setup() dan loop().  Fungsi setup() dijalankan sekali setiap board  arduino dihidupkan sedangkan fungsi loop() dijalankan terus menerus selama board arduino hidup.

//setup digunakan untuk inisialisasi variable, mode pin dll
void setup() 
{
statement
} 

void loop()
 { 
statement
 .... 
}
//fungsi fungsi lainya jika ada
fungsi_lainnya()
{
statement
}

Contoh

void setup()
{
pinMode(8, OUTPUT); // pin 8 sbg output
}

void loop()
{
digitalWrite(8, HIGH); // LED on
delay(250);
digitalWrite(8, LOW); // LED off
delay(1000);
}

selanjutnya silahkan baca disini   :   Dasar pemrograman Bahasa  C untuk Arduino

REFERENSI
http://arduino.cc
http://arduino.cc/en/Reference/HomePage
http://arduino-for-beginners.blogspot.com/

Advertisements

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 18/07/2013, in Arduino, Daftar isi. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. ada ga ya mas compiler Arduino yang dasarnya bahasa Basic

  2. sdh dicompile tdk bisa di kembalikan ke code C .

  3. mas program saya hilang tapi sudah di upload ke arduino ..bisa nggak menampilkan program yang sudah di upload ke arduino

  4. bisa ,paling mudah melalui serial port

  5. Keren mas tutorialnya, tp saya mau tanya
    Bisa nggak sh kita mengontrol arduinonya dengan vb.net?
    Terima kasih :)

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: