Pengetahuan Dasar Membuat Laporan / Report di .NET dgn Visual C#

Report yang kita akan  buat disini adalah sebuah kesimpulan dari  data di dlm database  yang ditampilkan dalam bentuk  tabel  dan atau grafik  pada form  C# . Form tsb bisa di print  atau di rubah kedalam bentuk format ms Exel atau pdf.

Contoh  report:

Contoh report

Contoh report

Langkah Langkah Membuat report

1. Buat project C#  baru

2. Drag and drop  report viewer ke dlm form

drag and drop report viewer

3.  Buat dataset

membuat dataset

datasource1

– masukan nama server dan pilih database ,

– pilih database name . Pada contoh ini kita pilih database  produksi  pada ms sql server yg sudah kita buat sebelumnya . anda bisa mengggunakan ms access atau mysql atau database lainnya.

data-source2

data-source3

4. Kembali ke Form Utama , klik komponen reportviewer

form

– mendesain form report

datasetwizard1

-pilih database

datasetwizard2

– klik Next sampai Finish , sampai tampil hasil form report sbb :

hasil-report

– Kembali ke form Utama , dan pilih file report yg sudah dibuat spt tampak pd panah merah di gambar berikut

form

5.  Klik menu run untuk melihat hasil

hasil

selesai.

pada hasil report diatas tampak hasil  data kosong , karena memang datbase belum ada datanya :-).

 

Advertisements

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 02/10/2011, in Menengah-3. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. ghgh

  2. Muhammad Naufal Fadhillah

    min, klo make mysql gimana?

  3. Kalau pakai mysql gimana?

  4. database ane gk keluar…..
    pake mySql phpMyadmin……
    gmn?

  5. bos, kalo mw masukin data keluaran micro-rs232, trus di simpen ke database access gmn caranya?? ane minta tolong d jelasin ye.. thanksss alot

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: