( Tips / Saran ) Dari mana Memulai Belajar Microcontroller (mcu / micon /mikrokontroller) ?

Buat pemula yang ingin memulai belajar microcontroller  seringkali merasa tdk tahu harus mulai dari mana .

Kalau memungkinkan anda bisa mengikuti kursus kursus dasar , jika tidak memungkinkan sebenarnya anda bisa belajar sendiri karena belajar microcontroller tidaklah terlalu sulit.

Sekarang sudah banyak buku buku dasar microcontroller berbahasa indonesia dan cukup mudah dimengerti. Selain itu juga sudah banyak website yang memberikan tutorial mikrokontroller / microcontroller dan contoh contoh membuat aplikasi microcontroller.

Beberapa tips untuk pemula yang ingin mempelajari microcontroller  :

1.  Bacalah  buku  atau artikel dasar microcontroller  dan pemrograman dasar C

2. Pilihlah /tetapkan salah satu jenis microcontroller yang anda sukai ( saran saya AVR atmega8535 atau atmega16 ).

3. Pilih bahasa pemrograman untuk membuat program microcontroller (saran saya gunakan bahasa C).

3. Jika  anda sudah sedikit mengerti berlatihlah membuat program yg paling sederhana dengan bahasa C. ( saran saya  sering-sering  latihan dan bertanya dengan orang yng sudah mengerti , bertanya ke saya juga boleh :-).

3. Belilah modul microcontroller  tsb dan  dowloader / programmernya yaitu alat untuk memasukan program ke microcontroller.(saran saya  AVR ISP USB dowloder)

4. Jika anda belum memungkinkan membeli modul microcontroller yg siap pakai, anda bisa menggunakan Simulator (misal proteus).

4. Download software/IDE  untuk pembuatan program microcontroller.  (saran saya gunakan codevision karena kemudahanya atau  AVR studio   )

selain cara diatas ada cara paling mudah dan hemat waktu untuk belajar microcontroller secara mandiri yaitu melalui video tutorial.   karena alasan itulah  akhirnya saya putuskan membuat video tutorial belajar mudah microcontroller  untuk pembaca sekalian,yg disertai juga aplikasi/software2 yg dibutuhkan  spt yg sdh di sebutkan di atas..

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 07/07/2011, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. 19 Comments.

  1. saya mau bljr jg mas… saya harus mulai dr mna ini?

  2. belajar dulu dasar mikrokontroler step by step lewat video tutorial ada di DVD 1.

  3. Mas saya mau belajar microcontroller di aplikasikannya di sensor tepuk gimana cara buatnya mas saya bingung mulai dari mana
    Saya jurusan listrik tapi arus kuat tolong mas di bantu
    Makasih

  4. trimakasih banyak mas atas saran nya

  5. kalau pakai C# mikrokontrolernya pakai netduino. sy juga ga faham prosesor intel tapi bisa menggunakan C#,VB.net dll di PC.

  6. Mas sy gk paham dengan elektro tapi sy sedikitnya pahamlah tentang pemrograman kususnya bahasa c#..kira2 apakah bisa sy belajar mikrokontroler ini tanpa mempunyai basic elektro sebelumnya?terus sy ini memulai belajarnya harus darimana dulu?rencana sy hanya ingin bisa caranya on/off kan arus listrik dari komputer dengan bahasa pemrograman c#? Tolong dibantu mas.. Thx :D

  7. sy asumsikan anda sdh mengerti perograman dan rangkaian mikrokontroller.
    langkah yg sy lakukan biasanya begini:
    1. buat use case diagram -> buat spec/fitur system.
    2. pilih jenis mikro yg kita kuasai.
    3. buat rangkaian elektroniknya di proteus
    4. buat flowchart software
    5. buat kode program di IDE compiler
    6. simulasikan di proteus
    7. buat rangkaian interface & PCBnya menggunakan eagle
    8. buat/pesan PCB ke spectra atau multikarya di bandung.
    9. beli sismin mikrokontroller
    10. merangkai semua hardware
    11. test tiap bagian hardware dgn program sederhana.
    12. masukan program yg sudah kita buat , test system.

    dari langkah diatas yg perlu disiapkan:
    1. software : proteus,eagle, c compiler sesuai mikro nya(misal codevision,arduino,atmel studio dll), downloader .
    2. hardware: sismin mikro board, interface board, downloader, peralatan input output yg diperlukan.

  8. Mas Bro, saya ingin tanya…
    saya bermaksud membuat Inteligent House, dimana lampu taman mati sendiri gordyn kalau pagi langsung buka sendiri, Jemuran kalau hujan minggir sendiri semua lampu dirumah nyala dengan kondisi “gelap” nyala sendiri, atau ruangan / kamar tidak ada orangnya lampu mati begitu penghuninya masuk lampunya nyala sendiri…
    Untuk hal tersebut saya harus mulai dari mana, jenis microcontrollernya apa, bahan lain yang saya harus siapkan apa…mohon bantuan

  9. ya silahkan. terima kasih sdh berkungjung.

  10. Agustinus Matusael Gurning

    Terimakasih tips nya Mas. Salam kenal saya Agus. Saya ingin belajar mikrocontroller. Mohon bantuannya ya mas dan tidak bosan ntar kalau saya sering bertanya.

  11. pakai bahasa atau microcontroller apa saja bisa. pilih yg mas sukai/kuasai dgn baik.

  12. Mas saya ingin belajar membuat iverter dc-ac menggunakan microcontroller…
    Saran mas pemilahan bahasa pemrograman apa yg tepat untuk membuat inverter dan microcontroller jenis ap yg tepat…terima kasih..

  13. belajarnya bertahap. saya juga belajar sendiri . syarat utamanya anda harus menyukai/hoby belajar microcontroller
    . untuk lebih mudah dan hemat waktu anda juga bisa belajar nelalui dvd video tutorial

  14. mas sya pengen belajar mikro dr dulu,bener kta mas saya bingung hrus mulai drmana?udah gtu mikrokotrolernya yg susah tuk di dapatkan krna sya tinggal di pelosok pedesaan,mhon bimbinganya mas…..

  15. mau tanya tentang program mcu.. .. ..
    dapet tugas dri skolh…

  16. terima kasih atas kunjungannya :-)

  17. Terim Kasih Infonya..

    Sangat membantu saya..

    Salam Kenal

    Fathur Tangerang

  18. terima kasih banyak atas informasinya. sangat membantu saya yang baru belajar micro

  19. terimakasih bnayak ya,,

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

