Pengetahuan Dasar Bahasa Pemrograman C

Sejarah
Bahasa pemrograman C dibuat oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1969 sampai 1973 pada operating system UNIX.

Kelebihan bahasa C:
– Bisa memanipulasi data dalam bentuk byte cocok untuk pemrograman embeded / microcontroller.
– Lebih Mudah dipahami daripada bahasa assembly
– Compiler C membutuhkan memory yg relatif kecil.
– Banyak digunakan untuk berbagai macam Prosessor / microcontroller (tergantung compilernya)

Memulai Pemrograman C

Pada tulisan ini saya akan membahas Pemrograman C dengan compiler gcc untuk operating system windows
dengan prosessor intel x86 (pentium) spt PC yang anda pakai sekarang.
Artinya program yang akan anda buat akan bisa dijalankan di PC, jika anda download ke prosesor selain x86 maka tdk akan bisa di jalankan.

Persiapan Membuat Program C:
Compiler yang saya gunakan gcc (dibundel di MinGW )
1. install Compiler C downlowd disini : 
http://sourceforge.net/projects/mingw/files/Automated%20MinGW%20Installer/mingw-get-inst/mingw-get-inst-20110530/mingw-get-inst-20110530.exe/download

2. setelah compiler C diinstall , perlu tambahan setting sbb

  • setelah  compiler C  diinstall , cek lokasi gcc.exe, cek di C:\minGW\bin
  • Buka control panel.
  • klik “System”.
  • klik “Advanced” Tab.
  • klik “Environment Variables”
  • Cari variable “PATH” jika ada click “Edit”. (jika tdk ada klik new)
  • klik diakhir baris setelah semicolon (;) lalu tambahkan Path lokasi gcc.exe yaitu C:\MinGW\bin\.

Setting variable environment gcc.exe

Sebelum membuat program kita periksa dulu apakah compilernya  sudah terinstall.

buka command Promt .

ketik gcc    lalu tekan enter

maka akan ada pesan gcc: no input files   spt tampak pada gambar berikut:

command promt

Jika sudah sampai proses tsb diatas  artinya compiler C anda siap digunakan.

Langkah no 2 hanya option saja. Untuk mempermudah saat mengkompile. Jika kita tidak seting PATH  Enviroment variable nya saat mengkompilenya kita harus menuju path dimana gcc.exe berada spt tampak pada gamabar berikut:

gcc tanpa setting Path enveroment variable

Membuat program C sederhana

copy program sbb ke notepad
#include <stdio.h>

int main(void)
{
printf(“hello, world\n”);
return 0;
}

lalu save as dgn file name : latihan.c
simpan ke ke folder C:\latihan
jangan lupa encodingnya All file bukan txt seprti yg ditunjukan panah merah pada gambar:

Menyimpan program C

buka command prompt
lalu menuju lokasi file test.c      (dengan perintah cd )
ketik:
c:\latihan>gcc test.c -o hasil
lalu  tekan enter
untuk menjalankan ketik di comand  Promt   c:\latihan> hasil

Mengkompile dan menjalankan hasil

 
Kesimpulan:

tahapan C compiler

 

Standar Type data C

Type   Typical Size in
Bits Minimal Range

 

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language)

http://einstein.drexel.edu/courses/Comp_Phys/General/C_basics/

http://saung.igoscenter.org/Pemrograman_C

http://computer.howstuffworks.com/c.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_programming_languages

http://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Ritchie

Advertisements

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis.

Posted on 11/06/2011, in Menengah-1. Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. This post is worth everyone’s attention. Where
    can I find out more?

  2. punten gan, saya udah coba, hasil.exe nya udah ada, tapi waktu dicoba bisa memasukan perintah tapi dia langsung ngeklos sendiri. knp itu gan? gimana solusinya?

  3. sy sudah instal compiler-nya tp waktu di tes lwt cod kok ada pesan (gcc:fatal error:no input files ; compilation terminated) kenapa ya?

  1. Pingback: Dasar C (standar ANSI-C) | Coretan corat-coret

  2. Pingback: dasar pemograman c | febriana69

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: