Pengetahuan Dasar Sensor di Industri

SENSOR

Beberapa type SENSOR

Pendahuluan

Sensor

  1. Limit Switch
  2. Inductive Proximity Sensor
  3. Capacitive Proximity Sensor
  4. Ultrasonic Proximity Sensor
  5. Photoelectric Sensor
  6. Type output sensor NPN dan PNP

Penggunaan Sensor

Pendahuluan

Tujuan bab ini anda bisa:

  • Mengetahuai kelebihan,kekurangan, dan penggunaan : limit switch, photoelectric sensor, inductive sensor,capacitive sensor, dan ultrasonic sensor
  • Mengetahui prinsip-prinsip design dan operasi:

mechanical limit switch ,inductive, capacitive, ultrasonic, dan photoelectric sensors

  • Bisa mengetahui persamaan dan perbedaan sensor-sensor tsb
  • Memilih type sensor sesui kebutuhan yg  sesuai dgn  material  dan  jarak  benda yang akan di sensor.

1. Sensor Limit  Switch

sensor limit switch adalah berupa alat mekanik yang menggunakan  kontak pisik

untuk mendetect ada tidaknya  sebuah benda (target).

sensor limit switch

sensor limit switch

Ketika  target menyentuh actuator, actuator  berputar dari  posisi normal ke posisi kerja. Hal ini mengaktifkan  kontak di switch body.

Ada 2 jenis konfigurasi kontak  di limit switch:

  1.  single-pole, double-throw (SPDT)
  2.  double-pole,double-throw (DPDT)
single dan double

single dan double

Beberapa Type aktuator yang ada disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan

type actuator

type actuator

2. Inductive Proximity Sensor

Inductive proximity sensor  menggunakan medan electromagnetic untuk mendetect ada tidaknya  object logam/metal.

cara kerja sensor induksi

cara kerja sensor induksi

beberapa bentuk Inductive Proximity

Inductive Proximity

Inductive Proximity

3. Capacitive proximity sensor

Capacitive proximity sensor  menggunakan medan electrostatic  untuk mendetect ada tidaknya  object  benda padat apa saja,berupa  logam atau bukan logam.

Cara kerja :

cara kerja Capacitive Proximity Sensor

cara kerja Capacitive Proximity Sensor

Target yang bisa dideteksi Logam dan non logam

deteksi logam dan nonlogam

deteksi logam dan nonlogam

Salah satu  penggunaan  capacitive proximity sensor adalah mendeteksi  level cairan dalam botol melalui penghalang . Contoh, air mempunyai  dielectric yg lebih tinggi dari pada plastik .  Sensor dapat membedakan plastic dan mendeteksi cairan.

deteksi level cairan dalam botol

4. Ultrasonic proximity sensor

Ultrasonic proximity sensor  menggunakan  gelombang suara  untuk mendeteksi  keberadaan object /target.

ultrasonic sensor

ultrasonic sensor

5. Photoelectric sensor

Photoelectric sensor  bereaksi pada perubahan cahaya yang diterima.

Reflective atau retroreflective scan

Photoelectric Sensors

Photoelectric Sensors

True Beam Scan

true beam scan

Type Oupurt Sensor NPN dan PNP

Sensor yang ada di pasaran antara lain mempunyai output type NPN , PNP ,solid state-ac dan E/m relay  ,jika kita ingin menggunakannnya perhatikan jenis output sensornya , pada kesempatan ini  akan di tunjukan perbedaan output sensor NPN atau PNP.

typeoutputsensor1

Contoh pemasangan sensor  photoelectric pada load/PLC type output NPN dan PNP

contohoutputsensor

selain itu ada juga sensor yg bisa diset/dipilih oleh kita jenis outputnya NPN atau PNP spt tampak pd gambar berikut;

dualoutput

Contoh Contoh Penggunaan Sensor


Proximity Sensor

proximity sensor sample

proximity sensor sample

Ultrasonic Sensor Sample: 

ultrasonic sensor sample

ultrasonic sensor sample

Photoelectric Sensor Sample

photoelectric sensor sample

photoelectric sensor sample


 



sumber:

Siemens Technical Education Program
Advertisements

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 24/05/2011, in Menengah-1. Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Ada gak yg bisa detek jarak logam dengan sensor 30-40 cm trim

  2. saya mw tanya, ada bahan tentang automatic filling oil ga?

  3. Klo mA sensor induktif tidak akurat dalam membaca jarak logam, penyebabnya apa ya,, terimakasih banyak..

  4. Kalau untuk memperbaiki & merawat sensor” di atas gimana,tolong penjelasan nya

  5. produk cacad apa saja yang bisa dideteksi oleh photo electric sensor mas?

  6. coba Capacitive Proximity Sensor

  7. trims bwt sample tiap sensornya…
    mau tanya kalo buat yang ultrasonik proximity itu bisa nembus target deteksi bwt menemukan objek lain di dalam target deteksinya tidak??trims y mas…

  8. trims mas sangat membantu

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: