Driver Relay Menggunakan IC Driver (IC Penguat Daya)

Untuk menggerakan relay , daya (arus/tegangan) dari microkontroller kurang mencukupi sehingga perlu penguat (driver ).  Driver relay yang paling sederhana biasanya terdiri dari  sebuah transistor.

Driver (penguat daya)  Relay dengan Transistor :

Penguat daya / driver relay dengan transistor

Penguat daya / driver relay dengan transistor

Driver (penguat daya)  Relay dengan IC Driver :

Bagi sebahagian orang penguat dari sebuah transistor saja  masih  kurang memadai,  mereka lebih memilih   IC driver, karena berbagai kelebihannya.

contoh contoh IC driver :

  •  ULN 2001, ULN2002, ULN2003, ULN2004
  • TD62081, TD62082, TD62083, TD62084
  • dll.

contoh IC Driver ULN2001/2/3 :

Driver Relay (penguat daya)

Driver Relay (penguat daya)

Fitur  IC Driver ULN2001/2/3 :

  • SEVEN DARLINGTONS PER PACKAGE
  • OUTPUT CURRENT 500mA PER DRIVER (600mA PEAK) 
  • OUTPUT VOLTAGE 50V 
  • INTEGRATED SUPPRESSION DIODES FOR INDUCTIVE LOADS
  • OUTPUTS CAN BE PARALLELED FOR HIGHER CURRENT 
  • TTL/CMOS/PMOS/DTL COMPATIBLE INPUTS 
  • INPUTS PINNED OPPOSITE OUTPUTS

Rangkaian dalam sebuah IC Driver /  penguat daya:

schematic driver (rangkaian penguat daya)

schematic driver (rangkaian penguat daya)

Contoh penggunaan IC Driver ULN2003  dalam rangkaian mickrocontroller:

contoh penggunaan driver relay mikrokontroller

Besarnya  Tegangan  output ic Driver (voltase)  bisa disesuaikan dengan kebutuhan , misal kita ingin menggerakan relay dc 24 volt  maka kaki  9 dari IC driver ULN 2003 pada gambar contoh diatas  kita berikan DC 24 volt dari power suply.

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis untuk pemula.

Posted on 04/05/2011, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. 34 Comments.

  1. ardiantowan

    mas input dan outpot ic ULN 2001, ULN2002, ULN2003, ULN2004 brapa volt mas

  2. kalo ,misalnya di kasih tegangan 5 volt bisa gak, soalnya mau saya pakai untuk arduino

  3. Numpang nanya nih, barang kali tahu untuk ngedapatin IC ULN 2003 AFWG di mana yah ? Kalau ada di web ini , boleh pesen Nih… ? makasih

  4. gan saya mw tanya anih tuk penggerak relay 12v 30A kira2 pakwe tr tipe berapa yah? arus yg sya pakai tuh 5A mas.

  5. gan ULN2003 ini output negatif apa positif ya?

  6. Gan saya mau tanya, kalau ingin membuat controll panel lift barang max 6 lantai menggunakan IC, kira2 komponen part/type apa saja yg di btuhkan, seperti sistem PLC, biasanya saya buat panel lift brg pakai relay, terlalu banyak relay,thanks

  7. gan saya mau tanya, saya ingin membuat control panel untuk lift barang menggunakan IC,max 6 lantai, kira2 komponen part/type apa saja yg di butuhkan,biasanya saya menggunakan relay 24vdc, tetapi memerlukan relay banyak,ingin membuat seperti PLC,Thanks

  8. gan ane pakek atmega 8535 kok gakbisa jalan tetep relaynya.. padahal uda sama kayak di atas rangkaiannya ??
    terimakasih

  9. rusli kurniawan

    mau tanya persamaan ic uln2004

  10. persamaan untuk uln2003apg apa ya mas? soalnya d bondowoso-jatim ndak ada?

  11. pake TR type berapa mas yang buat pembangkit rilay menggunakan NPN yang bagusnya biar kuat

  12. mau nanya ni gan?ic ini bisa di jadiin driver motor gk?bisa muter kanan dan kiri???

  13. mau tanya gan saya punya tugas akhir ketika mikon otput low maka akan mengaktifkn transistor tapi knapa saya tes paka logic prof pas high re ubahan gak ada peelay sudah aktif dan pas low juga gak ada rubahan mohon bantuannya saya pakai transistor pnp

  14. bro mau nanya dong, lagi buat proyek nih… kalau mslkn kluaran dri mikro pengennya ke relay… cmn ane bingungnya pake relay yg mana jg g ngerti. ini buat relay ke sepeda motor bro. jadi pas outputan mikro sesuai mislnya ke relay 1. nah need help bro :D

  15. zhie awakening

    yang saya gunakan relay 12vdc kira” transistor apa yg cocok?

    saya sudah buat menggunakan ic driver ULN2003 dan sudah berjalan…
    saya cuma mau buat perbandingannya aj…..

    ngomong” maksih banyak ni…..
    mantaph lah ah postingannya….
    berkembang trus bro…..^_^

  16. zhie awakening

    bro itu gambar diatas pke transtor npn tipe apa?

    • type transistor tergantung arus yg dibutuhkan relay.
      Contoh transistor NPN type 2N2222 , BC547 ,BC548 dll

      saya menyarankan pakai Ic driver lebih stabil dan lebih praktis.

  17. Bro, kalau bikin dc motor controller dua arah untuk menarik rak berat kira2 20 kg, pake 2 tombol untuk maju dan mundur serta bisa berhenti sendiri jika rak itu mentok diujung. Yang ingin saya tanyakan, alat apa saja yang harus di beli ? apakah Bro punya modul yang udah jadi, atau harus beli dimana? itu dulu pertanyaan saya.

    Thanks berat

    • Contoh rangkaian lihat di kategory tip & trik judulnya Driver Motor DC menggunakan IC L298 (25 watt).
      yg anda harus beli :
      -Motor DC dengan daya disesuaikan beban
      – Gear transmisi (gearBox) untuk meringankan beban kerja motor.
      – Limit switch buat menghentikan motor jika rak dah sampe ujung.

      kalau saya beli komponen di harco glodok.
      kalau buat perusahaan yg budgetnya cukup , beli driver /controller yang sudah jadi.

  1. Pingback: Driver Relay Menggunakan IC Driver (IC Penguat Daya)  | tediscript.wordpress.com

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

