Rangkaian(skematik) sederhana untuk Sensor Gerak .

rangkaian-sensorgerakdim006A

Rangkaian diatas coret2an saya  buat mendeteksi kalo ada  orang yang  datang  atau bisa juga digunakan untuk menghemat lampu ruangan  . Sensor gerak yang digunakan DI-PIR Motion Detector.

DI-PIR Motion Detector adalah modul sensor yang memiliki 1 bit data keluaran, logika “0” dan “1”. Keluaran akan berlogika “0” saat mendeteksi perubahan kondisi penyulutnya (trigger) yang dalam hal ini adalah
motion atau pergerakkan manusia.

Cara kerja rangkaian  kira2 begini:

saat tdk ada orang  keluaran sensor bernilai 5 v TR1 tdk aktif  ,  Tegangan emitornya  nol sehingga tegangan transistor kedua tdk aktif.

saat ada orang,  keluaran sensor menjadi 0 volt, trasistor pertama aktif , tegangan colector  mendekati 5 volt ,mengaktifkan transitor ke 2  (relay on).

 

harga sensornya sekitar 70 ribu bisa  beli di  http://store.kelas-mikrokontrol.com/mikrokontroler-etc/di-pir-m-otion-detector-2  atau  di prasimax depok.

About pccontrol

Berisi Tutorial Menggunakan PC untuk mengontrol Peralatan dengan cara mudah & praktis.

Posted on 9 January 2012, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. 35 Comments.

  1. bgus nya dipasang di atas pohon. dikasih suara hantu. biar kalau ada org lewat kaget, krn suara hantu terdengar.

  2. pakai bekas mouse bsa gk?

  3. relay nya pake yg berapa volt

  4. Mas spesifikasi komponennya tu apa aja?

  5. pak belinya sensor yang masih pretelan belum rakitan di manaya saya ada di surabaya disini adanya sudah kit

  6. Irfan Faisal 3211101028

    mas saya mau tanya sensor apa yang kita gunaka benda kaian

  7. mau tanya,,untuk harga DI-PIR Motion Detector berapaan ya?

  8. jika boleh, berapa saja besar nilai untuk setiap komponen penyusunya

  9. kalau TR 1 dan TR 2 nya jenis/kodenya apa ?

  10. oh yayaya
    makasih

  11. ryan smk n 2 ska

    seri transistor NPN dan PNP”y brpa pak

  12. Gunawan Hutagaol

    maaf pak antony, ternyata diode pada relay itu sudah benar posisinya. saya ingin bertanya aja, kalau power suply saya battery 12v/40 AH. Berapa lama Run time yang saya dapat dlm posisi standby? tolong bingbingannya.

  13. Gunawan Hutagaol

    saya bukan ahlinya, namun pengalaman dan otodidak yang kumiliki mencoba menanggapi skema ini. Pak antony yang terhormat; shcematic drawing yang bpk sajikan sudah benar pada basicnya. 5Vdc sudah ada sebagai suply untuk PLC system dan output system sudah jelas untuk mengenerzise relay. Mau dipakai untuk apapun sudah ok2 aja. karena pada dasarnya auxilary contact of relay yang kita aplikasikan. Hanya satu yang saya ragu: diode pada relay bukankah itu terbalik? saya mohon maaf kalau saya salah. Dan mohon bimbingannya.

  14. mau nanya pak, rangkaian ini langsung bisa mengeluarkan keluar semisal memutar motor Dc atau harus di connect ke MK dulu pak . terima kasih

  15. alvian noble

    All..
    Maaf ni numpang tanya, disini ada yang bisa bikin alat detector tianhuang gak??
    Ket. Tianhuang itu sejenis batu alam yang terdapat di bawah tanah (pertambangan)

  16. maaf, saya sebenarnya belum terlalu mengerti tentang sistematika sensor tersebut. saya ingin tanya, bagaimana caranya timbul suara yang menandakan kedatangan seseorang?
    dapatkah menggunakan sensor tersebut yang dikombinasikan dengan sirine atau semacamnya? bagaimana penjelasannya?
    makasih

  17. maaf kalau boleh koreksi sedikit, pada rangkaian diatas memang capasitor sebagai delay time untuk switch transistor npnnya tetapi akan lebih efektif jikalau antara colector pnp dan basis npn sesudah capasitor di beri R antara 10k – 100k (tergantung jenis transistornya) jadi pengurangan arus tidak terlalu cepat oleh diode transistor b,e transistor npn nya , maaf jika analisa saya salah, saya belum praktek sih, pi analisa q kalau pakai proteus langsung mati jjika objek penyulutnya nggak ada

  18. maaf pak saya mau nanya, sensor gerak ini mendeteksi orang bagaimana caranya ya??kalo lewat kamera kan pasti keliatan, apa dia triggernya dari suara orang lewat, atau bagaimana, mohon maaf kalau pertanyannya aneh karena saya kurang mengerti, trima kasih

  19. Perlu dicoba ni, buat listrik rumah bisa nggak?

  20. untuk pak tonny : rangkaian diatas sudah benar yaitu pada Transistor kiri yang memang harus menggunakan transistor PNP dikarenakan keluaran sensor PIR yang berlogika aktif low ‘0’. Saya sudah mencobanya sendiri. Jadi yg salah hanya gambarnya saja sedangkan keteranganya sudah benar yaitu PNP.

  21. lena_aruan@yahoo.com

    terima kasih buat masukannya, kebetulan saya mengambil judul pengamanan gedung dengan menggunakan sensor gerak dimana pembuatan Rangkaian Elektronik terdiri dari Sub Sistem Alarm, Sub Sistem Lampu, Serta modem serial HP. Serta pembuatan komunikasi serial agar dapat mengirimkan sinyal SMS dari dan ke telepone seluler, serta membuat pemrograman bahasa Assembly agar komunikasi serial dapat dibaca oleh mikrokontroler. pertanyaan saya..adakah masukan buat saya bagaimana merancang nya? maaf saya newbie dalam hal ini, tp saya sangat tertarik, meskipun bukan hal yang baru lagi.

    Terima kasih

    • Design embeded system? wah panjang jawabanya tapi saya jawab dg praktis berdasar pengalaman saya aza deh:

      untuk membuat project IT atau embeded saya bagi beberapa tahap:

      1. Tahap menentukan tujuan dan targetnya.
      2. Membuat blok diagram system secara keseluruhan (system analisys)
      3. Mendata semua yang dibutuhkan baik hardware dan software (system analisys)
      4. Design hardware dan sofware
      5 Simulasi
      6. Implementasi
      -membuat alat (PCB , casing dll)
      -coding
      7 Testing hardware dan sofware per blok.
      8 Testing system secara keseluruhan
      9 Documentasi

      jgn lupa membuat tabel rencana kerjanya.

      saya sih byasanya bgitu , mungkin ada yg mau mengoreksi atau menambahkan.

  22. pa. skema ada yg salah,tr kiri fungsinya emter follower,jadi typenya npn,basis,colector,emiter sudah betul,tr kiri disambung seri resistor 10k kebasis tr yg kanan,

    • anton_cm711@rocketmail.com

      untuk pak tonny : transistor kiri diatas sudah benar, yaitu menggunakan transistor PNP dikarenakan keluaran sensor PIR yang berlogika aktif low ’0′. Saya sudah mencobanya sendiri. Jadi yg salah hanya gambarnya saja sedangkan keteranganya sudah benar yaitu menggunakan tr PNP.

  23. wah disini sangat lengkap banget artikelnya, ga kalah dengan disini:

    http://electronic-circuit1.blogspot.com/

    padahal sebelumnya saya sering berlangganan artikel dari ELECTRONIC COLLECTION SCHEME

    Teimakasih mas…

  24. brapa nilai capasitor dan apa type transistornya????kog skema gak lengkap,apa memang krn sangatdz sederhana yach

    • typenya transitornya PNP dan tr yg kedua NPN gag perlu spek yg khusus ,transistor hanya sebagai saklar.nilai capacitornya coba2 aza ,gunakan yg cap polar fungsinya cuman buat delay saja ga digunakan juga ga apa2.

Komentar ,Saran atau Pertanyaan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

